Trollface / Problem? / Coolface  - Rage Face Comics
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

JAVA 2 SE

JAVA 2 SE

 

 

 

1. Pengenalan J2SE       

 

J2SE adalah salah satu bahasa programing Development dari Sun Microsystem, ada tiga pengembangan yang dapat dilakukan menggunakan Java : J2SE Java 2 standar edition ( untuk aplikasi destop) ; J2ME java 2 Micro editon untuk aplikasi mobile(HP dst), J2EE java 2 enterprise editon untuk aplikasi web. J2SE merupakaan bahasa pemrograman Java standar untuk aplikasi desktop yang merupakan object orientied programing.Paket J2SE digunakan pada perangkat keras seperti komputer desktop.

            Edisi standar J2SE (Java Standard Edition) digunakan untuk tipikal aplikasi desktop maupun applet.Edisi ini kemudian dikembangkan untuk mendukung kebutuhan besar berskala enterprise sehingga muncul J2EE (Java Enterprise Edition).

Java 2 Standar Edition (J2SE), J2SE menyediakan lingkungan pengembangan yang  kaya  fitur,  stabil, aman,  dan  cross-platform.  Edisi  ini  mendukung konektivitas basis data, rancangan user interface, masukkan/ keluaran (input/ output),  dan  pemrograman  jaringan  (network  programming),  dan  termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.

 

 

2. Konfigurasi komputer untuk J2SE

 

 

JAVA tidak tergantung platfom yang digunakan yang penting terdapat JRE untuk menjalankan programannya dan JDK untuk membangun aplikasinya atau compilernya jadi bisa mengunakan windows, linux, Mac Dll yang penting ada JRE dan JDK, jadi kalo kita membuat program di windows dengan java maka program tersebut akan bisa jalan dilinux atau ti yang lainnya.

Dalam praktek Java dituntut juga konfigurasi hardware yang mendukung, konfigurasi hardware yang direkompendasikan adalah processor : 1.4 GHz Intel Pentium IV atau setaranya, memory : 1 GB dan disk space : 1 GB.

 

A. Hardware

 

Konfigurasi minimal :

 

· Processor : 450 MHz Intel Pentium II atau setaranya

 

· Memory : 128 MB

 

· Disk Space : 850 MB

 

 

B. Software

 

Software yang dipersiapkan adalah :

Operating System bisa mengunakan windows 98, xp atau Linuk atau yang lain.

JDK1.5.0 pilih sesuai Operating System yang kita pakai, dan bisa di download pada alamat http://java.sun.com/j2se/1.5.0/download.html

Editor, bisa memakai notepad, editplus atau yang lain.

Netbeans , editor java

 

3. Keuntungan Dari J2SE

 

 

J2SE merupakan inti dari Java. J2SE menyediakan environment bagi developer untuk mengembangkan banya aplikasi. J2SE mendukung Pemrograman GUI (Graphical User Interface), thread, input/output, networking, XML, CORBA, applet, JavaBean, Remote Methode Invocation, Security, dan akses Database.

            Java 2 Standar Edition (J2SE), J2SE menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, stabil, aman, dan cross-platform. Edisi ini mendukung konektivitas basis data, rancangan user interface, masukkan/ keluaran (input/output), dan pemrograman jaringan (network programming), dan termasuk sebagai paket-paket dasar bahasa Java.

 

 

4. Proses loading dari J2SE

 

 

Teknologi Java merupakan sebuah teknologi yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Bahkan belakangan ini dikabarkan berusaha mengalahkan Microsoft yang terkenal sebagai kampiun dari produsen operating system dimuka bumi ini. Teknologi Java yang pada awalnya dikenal untuk aplikasi pada desktop (J2SE) ataupun pada application server (J2EE), kini hadir dengan teknologi terbarunya, J2ME™ Platform, untuk pembangunan aplikasi pada mobile device seperti mobile phone dan PDA. Selain J2ME™ Platform yang termasuk baru, terdapat pula satu buah platform teknologi Java yang termasuk baru pula yaitu Java Card. Java Card merupakan seperangkat kakas untuk membangun aplikasi pada sebuah card electronic seperti SIM Card pada ponsel kita. SIM Card yang dipergunakan oleh Mobile Banking BCA (layanan operator selular Excelcomindo) menjadi salah satu contoh dari teknologi Java Card.

 Pada J2SE, kita jumpai JVM (Java Virtual Machine), sebuah mesin abstrak untuk menerjemahkan bytecode hasil kompilasi java hingga dimengerti oleh komputer.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar